5th Playground Jakarta: A Real Huge Playground for Everyone

5:49 PM





5th Playground, sebuah gelaran dari Urbanite Asia dan DIMENSIONS LIVE yang diselenggarakan pada tanggal 5 Mei 2012 bertempat di Tennis Park (Yes! It’s park, since not only the ‘indoor’ stadium they used as the venue for Playground), Senayan. 2012 adalah tahun kelima acara ini digelar. And it’s getting more huge! Acara ini diadakan dari pukul 5 sore sampai 5 pagi, yes this is (almost) a 24 hours music festival. Penampil-penampil di 5th Playground; Gorillaz Sound System, Kelis, Saint Etienne, Danny Howells, Van She, Marc Roberts, The Brandals, Agrikulture, Alexa, DJ Winky, Innoceroze, Dipha, Jerome, Mahesa Utara, Downey, and many more.

Satu acara, tiga stage dengan tiga tema yang berbeda. Tidak jauh dari main gate, partygoers disambut oleh stage pertama “Silent Concert”, yang dari settingannya terlihat temanya adalah urban city. Lalu, jauh ke belakang, melewati food bazaar adalah “Wonder Bar Forest”, tema stage kedua ini adalah urban jungle city. Dan stage ketiga dan yang terbesar adalah Embassy Stage, yang bertempat di dalam stadion Tennis. They made this place in to a huge dance floor.

Untuk penampil, jujur nggak semuanya berhasil gue saksikan since begitu banyaknya penampil yang kece luar biasa, tapi sayangnya schedule show off mereka bentrok sana-sini, dan balik lagi ke fakta ada TIGA stage di acara ini. Yang berhasil gue liat secara keseluruhan hanya Gorillaz Sound System dan DJ Winky. In short, still not enough time to enjoy the whole party tho it’s almost 24 hours party. Beberapa bentrok, cyiin.

Untuk review kali ini gue mau focus ke venue design yang ciamik banget! Pertama adalah Silent Concert stage. THIS IS MY FAVORITE!! Di stage ini, dibangun gedung pencakar langit dengan triplek atau sejenisnya, berwarna putih polos, yang kemudian ditembak dengan video mapping yang menghasilkan efek 3D di atas bangunan putih tadi. Yang lucu dan SUPER menarik dari stage ini adalah so silent! (just like the name), karena party goers di stage ini menikmati music dengan menggunakan headphones. Jadi, buat mereka yang melihat dari luar stage, akan amat merasa awkward karena yang mereka lihat adalah orang-orang joget, tapi sama sekali tidak ada suara music kecuali yg bocor dari dalam Embassy. Silent concert memberikan tiga channel berbeda; Biru, Merah, dan Hijau. Channel biru dan hijau untuk channel DJ, sedangkan merah untuk band. Yang paling seru di stage ini adalah saat Agrikulture meramaikan panggung. My best moment here was, I sat right in front of DJ Downey’s table but listened to Jerome’s beat. Hahaha

Then, pindah ke bagian paling ujung, ada Wonder Bar. Stage ini sungguhlah sangat manis dan romantis kala senja menjelang. Sebuah hutan tengah kota yang sepi dan gelap,  diubah menjadi urban jungle yang super modern dan bermandi cahaya. Saat masuk, disambut dengan corner playground ada jungkat-jungkit dan rodeo. Lalu ada bar untuk duduk-duduk sambil makan, minum, merokok, atau sekedar mengobrol santai. Pohon-pohon disulap bersinar dengan hiasan plastic panjang yang diisi air dan disorot cahaya dari lampu tembak di kaki pohon. Efeknya? Jangan Tanya, dramatis! Cantik bukan main! Pencahayaan juga ditambah oleh laser dari atas stage. Best moment di stage ini adalah ketika St. Etienne main selepas senja, kemudian hujan. Jadi, kami nonton St. Etienne di bawah guyuran hujan, sebelum akhirnya lari pontang-panting mencari tempat berteduh karena hujan tiba-tiba menjadi sangat deras, tapi ya sudah terlanjur basah kuyup dan nggak bawa baju ganti. Hahaha.

Terakhir adalah main stage: Embassy Stage yang terletak di dalam Tennis Stadium, indoor stage. Panggungnya super huge. Tapi secara desain nggak ada yang terlalu mencolok di stage ini, karena toh tanpa perlu pancingan dekorasi yang berlebih, stage ini akan selalu penuh. Best moment gue adalah ketika nonton Gorillaz Sound System, ya walaupun Cuma nonton layar tipis dengan sorotan video di atasnya, tapi dengan permainan video, efek lampu, dan lain-lain beberapa video jadi terasa ‘hidup’ (sorry I have a personal attraction about videography). Dan permainan music dari orang-orang dibelakang (literally) layar menambah keseruan malam. Walaupun agak kurang puas karena tetep mereka bukanlah Gorillaz yang sesungguhnya, I want Damon!!!

Here are some pictures from the events. Hope you like it, too.











Over all, 5th Playground seru banget, hampir pecah! Tapi kalo untuk hal desain venue, jangan Tanya HACEP BANGET! I LOOOOOOOOOOOOOVEEE SILENT CONCERT! Gonna wait for another silent concert. Hihihi. Oh, it’s really disappointing that Mark Ronson was not in the line up. Oh I really want to see him live.

Last, hope I could enjoy the 6th Playground. See ya, around ;)



Cheers and Beer,
Lisnaadwi

You Might Also Like

0 Comments

Instagram

Subscribe